Join The Community

Search

Evolusi Investasi Seseorang


Investasi adalah salah satu cara untuk menuju kekayaan. Namun tidak semua orang tahu cara yang paling efektif dalam berinvestasi agar bisa menjadi kaya. Umumnya orang hanya mengetahui investasi dengan cara menabung di bank. Selanjutnya apakah menabung di bank adalah cara investasi yang efektif untuk menjadi kaya?


Coba perhatikan berapa besarnya bunga tabungan di bank yang kita dapatkan per tahun. Kemudian apakah deposito di bank juga memberikan keuntungan. Mulailah untuk memahami bagaimana berinvestasi yang baik. Sebagai awalnya, biasanya orang akan mulai berinvestasi dengan cara menabung di bank. Selanjutnya jika sudah terbiasa dengan tabungan di bank maka dia akan beralih ke deposito, salah satu instrumen investasi di bank. Selanjutnya beralih ke obligasi seperti ORI.

Kemudian jika sudah memiliki deposito biasanya orang akan melangkah lagi berinvestasi dengan unit link. Disinilah biasanya letak kesalahan seseorang dalam berinvestasi. Banyak yang menganggap bahwa unit link itu adalah produk investasi padahal sebenarnya bukan. Unit link ini adalah instrumen asuransi yang dilabel dengan investasi.

Jika seseorang sudah paham benar dengan unit link, bagaimana kerjanya, selanjutnya orang tersebut akan mengenal dengan instrumen investasi yaitu reksadana. Reksadana adalah salah bentuk investasi dimana setiap investor dapat membeli reksadana sesuai dengan harga per unit atau biasa disebut dengan NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Kemudian jika seseorang sudah terbiasa berinvestasi di reksadana, selanjutnya pilihan investasi berikutnya adalah pada saham dan emas. Demikianlah selintas pemahaman investasi seseorang yang saya amati. Hal ini saya alami sendiri. Intinya adalah mulailah berinvestasi sedini mungkin, tambah pengetahuan anda tentang bentuk-bentuk investasi

0 comments:

Post a Comment