Halal Itu Baik


Beberapa bulan terakhir ini setelah saya mengikuti milis dan follow account twitter komunitas Halal Indonesia. Di dalam komunitas halal ini semua anggotanya sangat perhatian sekali akan masalah halal di Indonesia dan memperjuangkan kewajiban sertifikasi halal bagi semua produk yang dikonsumsi di Indonesia.

Awalnya saya sendiri bersikap pragmatis dan menganggap aneh komunitas ini, mengapa mengkhawatirkan masalah halal di Indonesia, negeri dimana dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.Saya merasa karena dengan status mayoritas muslim terbesar didunia saya yakin semua produk yang ada di Indonesia Insya Allah semuanya halal.

Namun ternyata anggapan saya tersebut itu salah. Masih banyak produk-produk yang banyak di konsumsi di Indonesia ternyata belum mendapatkan sertifikasi halal. Dan setelah diselidiki ternyata memang benar beberapa produk-produk tersebut jelas mengandung bahan yang diharamkan oleh ajaran islam.

Semakin saya mengikuti komunitas halal Indonesia ini semakin saya mengerti betapa pentingnya untuk selalu menjaga kehalalan produk yang kita konsumsi. Dan sekarang pun saya mulai memperhatikan apakah produk-produk yang saya beli sudah mendapatkan sertifikasi halal atau belum. Jika belum ada label halalnya seperti gambar diatas maka saya lihat dulu bahan-bahannya, apakah di bahan tersebut ada yang haram atau tidak. Berikut ada rujukan untuk mengetahui apakah produk tersebut sudah mendapatkan sertifikasi atau belum dari LPOM MUI, silahkan akses ke link http://www.halalmui.org/