Join The Community

Search

Bakso Lombok Uleg

Di kota Temanggung ada salah satu kuliner khas yang cukup terkenal, namanya Bakso Lombok Uleg. Di beberapa sudut kota Temanggung kita bisa menjumpai warung-warung yang menyajikan kuliner ini. Salah satu yang paling terkenal dan banyak dikunjungi adalah Bakso Lombok Uleg Pak Di yang ada Jampirejo.

Bakso Lombok Uleg
 
Bakso Lombok Uleg

Ada yang berbeda ketika mencicipi bakso ini. Berbeda dengan bakso biasa yang pernah saya nikmati, di dalam mangkok bakso lombok uleg ini ada ketupatnya. Dan satu lagi yang membuatnya berbeda adalah kuah baksonya. Tampak kuah baksonya berwarna kehitaman karena kecap dan terasa manis. Rasa yang agak tidak biasa untuk semangkok bakso karena biasanya kuah bakso itu bening dan terasa asin serta gurih.

Bakso Lombok Uleg

Bakso Lombok Uleg

Satu lagi yang tidak biasa dari bakso ini adalah penyajiannya yang selalu dengan lombok hijau yang sudah diuleg. Tapi begitu lombok uleg ini dicampurkan kedalam kuah bakso, terasa seperti kuah pempek. Manis dan pedas tapi tanpa rasa asam cuka. Rasanya sangat unik dan khas sekali menurut saya, bakso dengan rasa kuah seperti saus pempek dengan campuran ketupat, tahu, dan bakso didalamnya. Untuk baksonya sendiri menurut saya biasa saja seperti bakso lainnya. Tapi karena ada ketupatnya membuat perut terasa lebih kenyang.

Bakso Lombok Uleg

Bakso Lombok Uleg

Untuk harga semangkok bakso lombok uleg cukup Rp8000 saja belum termasuk dengan minum.