Join The Community

Search

Nutella Halal

Kenal Nutella dari 9gag.com akhirnya pas belanja di Superindo Plaza Cibubur kebetulan disalah satu counter roti dan selai ada produk Nutella ini. Coba-coba akhirnya beli satu, penasaran kepengen cobain kayak apa rasanya. Di 9gag.com selai coklat ini konon katanya adalah makanan yang paling enak, banyak cara penyajian yang gokil dari selai coklat ini tampil di post 9gag.com. Tapi bagaimana dengan status halalnya? Apakah selai coklat ini aman dikonsumsi umat Islam?

Nutella

Dari kemasannya, ternyata selai coklat ini masih 100% produk import dan belum diproduksi di Indonesia. Dilihat dari Negara pembuatnya, Nutella ini dibuat di Australia. Putar-putar kemasan botol Nutella akhirnya ketemu juga logo halal. Logo halal yang dilkeluarkan oleh lembaga sertifikasi halal Australia. Penasaran akhirnya coba cross check ke website MUI, apakah lembaga sertifikasi halal Australia tersebut merupakan lembaga yang telah diakui oleh LPOM MUI. Ternyata logonya agak sedikit berbeda seperti pada gambar dibawah. Entah apakah logo halal ini dikeluarkan oleh lembaga yang sama ataukah berbeda. Tapi bagi saya ini sudah cukup, begitu juga dengan bahan-bahan pembuatnya meskipun ketika saya lihat ada bahan emulsifier, salah satu bahan yang banyak titik kritis halalnya, tapi di botolnya disebutkan kalau emulsifiernya menggunakan lecithin dari kedelai, bukan dari enzyme babi.

Nutella Halal

Australia Halal Body

Selanjutnya ke bagian icip-icip. Begitu dibuka, tercium aroma coklat yang tidak begitu menusuk. Teksturnya sangat lengket tapi agak padat, bentuknya mirip dengan choki-choki. Dan ternyata rasanya juga tidak jauh berbeda dengan choki-choki. Rasanya legit dan gurih, mungkin karena pengaruh kacang hazelnut-nya, jika dioles di roti rasanya seperti selai kacang dengan rasa coklat yang kental. Enak dan gurih, rasanya seperti coklat silverqueen yang dilumerkan dan dioles di roti.

0 comments:

Post a Comment