Makanan Khas India Kaju Katli

Hari ini teman yang berasal India habis pulang mudik membawakan oleh-oleh Kaju Katli. Makanan ini adalah semacam makanan manis khas India yang dibuat dari kacang mete, gula, mentega, dan semacam rempah khas India. Dibentuk seperti wajik dan disajikan dalam bentuk bunga. Ada semacam kertas perak yang memang terbuat dari lembaran perak, ya benar-benar dari perak, agak kaget juga pertama makannya. Saya kira hanya kertas aluminium foil yang masih menempel, ternyata itu adalah kertas dari logam perak yang bisa dan aman dimakan.

Kaju Katli

Awalnya saya ragu juga makan kue ini, karena kalau dari box nya tidak ada logo halalnya. Akhirnya setelah di ceritakan teman India saya kalau Kaju Katli itu aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung unsur yang terbuat dari Babi dan zat-zat lainnya yang diharamkan oleh Islam. Kaju Katli yang dibawanya ini sebenarnya untuk vegetarian seperti teman saya, jadi menurut dia aman untuk dikonsumsi. Saya cari bahan-bahannya dan cara pembuatannya dan sayapun berkesimpulan bahwa makanan ini insya Allah halal.

Makanan khas india kaju katli

Coba makan satu kue yang berbentuk wajik ini, rasanya agak aneh, tidak terlalu manis pada awalnya. Menurut teman saya Kaju Katli yang dia bawa ini dia pilih dengan rasa yang kurang manis, jadi rasa Kaju Katli asli yang sebenarnya sangat manis seperti permen. Tapi kalau sudah makan 2 sampai 3 barulah terasa manisnya, lama kelamaan jadi terasa manis sekali. Rasanya cukup lembut dan manis, membuat ketagihan.