Join The Community

Search

Busway Pinang Ranti Harmoni

Coba-coba ke kantor naik busway, mau tau aja bedanya kalau naik kereta beda berapa lama. Memang kalau dari ongkos lebih murah naik busway ketimbang naik commuter line. Kalau naik busway Cuma bayar Rp3.500 kalau naik kereta commuter line bayar Rp6000, tapi kalau naik kereta ekonomi bisa lebih murah ketimbang busway. Tapi itu tidak apple to apple, karena kereta ekonomi tidak ada AC-nya, jadi memang beda kelasnya. Biasanya kalau naik kereta commuter line  ke kebon sirih ongkosnya Rp6000 plus ongkos parkir motor Rp4000. Kalau naik busway cukup bayar Rp3.500 plus ongkos parkir motor Rp3000. Jadi memang lebih murah naik busway ketimbang kereta.

Dari segi ongkos memang lebih ringan, tapi bagaimana dari segi waktu dan kemudahan. Kalau dari segi waktu kereta memang lebih cepat ketimbang busway, dari kemudahannya menurut saya sama saja. Nah karena lebih murah naik busway ke kantor, akhirnya saya cobain naik busway Pinang Ranti Harmoni. Naik busway-nya dari terminal Pinang Ranti Jakarta Timur, tempatnya persis di depan asrama haji Pondok Gede. Ternyata kalau naik busway ke Kebon Sirih, kita musti berganti bis atau transit karena beda koridor. Jadi pertama naik busway koridor 9 rute Pinang Ranti – Pluit terus turun di halte BNN. Dari halte BNN pindah bis dengan tujuan Harmoni.

Tidak perlu menunggu terlalu lama, biasanya busway tujuan Harmoni kosong, jadi bisa dapat tempat duduk. Rute busway-nya melalui jalan Otista dan Matraman Raya sampai Senen, Gambir, hingga ke Harmoni. Nanti kalau sudah sampai Harmoni, turun lagi dan ganti bis yang ke arah Pulogadung. Bis nya juga tidak perlu menunggu terlalu lama, dan kadang dapat yang kosong. Setelah naik busway tujuan Pulogadung, selanjutnya turun di halte Gambir. Dari sini selanjutnya berjalan kaki ke arah kedutaaan Amerika. Disamping kedutaan atau dibawah kolong rel kereta ada jalan yang sekarang ditutup oleh kedutaan Amerika (jalan nenek moyang-nya) yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki saja.

Akhirnya sampai kantor deh…lumayan juga, dari terminal busway Pinang Ranti naik bis jam 9:47 dan sampai kantor jam 10:15. Lebih murah Cuma agak lebih repot sedikit karena harus berganti bis.

0 comments:

Post a Comment