Kwetiau Goreng Jawa Pak Minto Gondangdia

Bakmi jawa yang satu ini berlokasi di stasiun Gondangdia, Bakmi Jawa Pak H Minto namanya atau biasa disebut juga Bakmi Jawa Cut Mutiah, sesuai dengan nama yang tertera pada daftar menunya. Katanya sudah ada sejak tahun 1964, cukup lama juga dan masih bisa bertahan sampai hari ini. Lokasinya berada di bawah stasiun Gondangdia tepatnya di arah selatan ujung stasiun persis di seberang Mesjid Cut Meutia. Berjualannya hanya malam saja, kalau siang tempat ini tutup. Biasanya menjelang sore dan maghrib tempat ini sudah mulai melayani dan dipenuhi pelanggan.


Bakmi Jawa Pak Minto Gondangdia

Kebetulan lagi pas dapat jadwal shift malam, akhirnya bisa mampir kesini. Biasanya cuma lewatin aja, karena gak sempat mampir, lagi buru-buru ngejar kereta pulang. Penasaran juga sama bakmi jawa ini, karena setiap lewat sini selalu ramai, akhirnya mampir makan juga kesini. Saya pesan kwetiau goreng ayam dan segelas teh tawar hangat. Tidak menunggu terlalu lama akhirnya pesanan kwetiau goreng ayam saya sudah jadi. Disajikan dengan sederhana dan menggugah selera.

Kwetiau goreng ayam gondangdia

Ada rasa yang agak berbeda dari kwetiau goreng ayam disini, mungkin karena sebenarnya tempat ini adalah warung bakmi jawa, bumbu yang digunakan sedikit berbeda dari kwetiau goreng yang lain. Berbeda dengan kwetiau goreng Chinese food yang biasa saya nikmati, kalau ini namanya kwetiau goreng jawa. Ada tekstur rasa yang tidak saya dapati di tempat lain, mungkin inilah yang menjadi citarasa khas menu makanan di tempat makan ini. Selain daging ayam, ada campuran lain seperti bakwan atau gorengan yang di potong kecil-kecil. Rasanya agak garing dan gurih. Irisan tomat yang besar khas bakmi jawa membuat kwetiau goreng ini berbeda dengan kwetiau goreng yang saya pernah rasakan di tempat lain, terasa lebih segar. Harganya cukup standar, Rp11.000 sudah bisa mendapatkan seporsi kwetiau goreng jawa.

Kwetiau goreng jawa

Selain kwetiau goreng sebenarnya tempat ini lebih dikenal dengan bakmi jawa dan gulai tongsengnya. Tapi hari ini saya tidak memesannya, mungkin lain kali akan saya coba.