Join The Community

Search

Heboh Tomcat



Belakangan ini muncul broadcast message melalui BBM tentang serangga yang bernama Tomcat.  Serangga Tomcat merupakan golongan kumbang dengan nama ilmiah Paederus riparius.  Di dalam pesan itu disebutkan bahwa serangga tomcat ini sangat berbahaya dan beracun bagi manusia. Serangga ini memiliki racun yang bisa membuat kulit melepuh dan sakitnya seperti kulit terbakar. Bahkan karena sangat beracunnya, jejak merayap dari serangga ini juga beracun dan bisa menimbulkan dampak yg kurang serius dibandingkan dengan terkena racunnya secara langsung. Tapi apakah memang sedemikian beracunnya?


Bahkan dalam pesan itu juga disertakan gambar akibat racun dari serangga ini yang ternyata setelah ditelusuri gambar itu hanyalah infeksi herpes biasa, bukan karena sengatan racun dari serangga ini. Dan pengobatannya juga keliru, di pesan BBM disebutkan bahwa jika terkena sengatan serangga tomcat harus diberikan Acyclovir yang sebenarnya adalah obat untuk penyakit herpes. Padahal dampak sengatan racun ini bisa diminimalisir dengan pertolongan pertama menggunakan zat yang bersifat basa seperti air sabun, kalau tidak ada air sabun bisa menggunakan air liur, kemudian segera ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Penasaran dengan berita heboh ini akhirnya coba googling, dan ternyata hasilnya tidak seheboh dengan pesan yang di broadcast melalui BBM. Memang serangga ini memiliki racun, tapi racun tersebut akan digunakan jika serangga ini dalam posisi yang terancam. Jadi racun yang digunakan oleh serangga ini hanya untuk pertahanan diri saja. Bahkan menurut pakar serangga dari IPB, serangga ini justru sangat menguntungkan manusia karena serangga ini adalah musuh alami hama wereng coklat yang biasa menyerang tanaman padi.

Jadi sebaiknya kita tidak perlu khawatir dan menjadi ‘parno’ karena serangga ini. Bahkan sebenarnya serangga ini lebih banyak manfaatnya bagi manusia. Meskipun begitu, untuk pencegahan jangan mengganggu serangga ini karena pada dasarnya, serangga ini memang bukan serangga pengganggu manusia seperti nyamuk.

0 comments:

Post a Comment