Join The Community

Search

Permen Yupi Halal


Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi melalu milis Halal-Baik-Enak@yahoogroups.com bahwa permen Yupi telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Bukan cerita baru kalau status halal permen Yupi menjadi polemik. Salah satu penyebab sulitnya produsen Yupi mendapatkan sertifikat halal MUI adalah gelatin sapi yang digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan permennya.


Tapi kemudian setelah MUI melalui keputusannya pada 2 Februari 2012, akhirnya permen Yupi resmi dinyatakan halal dan aman dikonsumsi oleh umat muslim di Indonesia. Berikut saya lampirkan surat keputusan halal MUI.


Namun meskipun saat ini permen yupi telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, saya menyarankan agar anak-anak tidak harus selalu diberikan permen ini. Masih lebih baik jika anak-anak diberikan cemilan yang lebih sehat. Untuk diketahui juga bahwa kandungan pewarna dan bahan-bahan lainnya yang digunakan pada berbagai macam permen, seperti tartrazine, ternyata memiliki dampak yang kurang baik untuk anak-anak.

6 comments:

mkasi ya...dh bantuin tgs :)

sama-sama....patut kita acungi jempol untuk produsen permen Yupi yang telah sejak lama memperjuangkan produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal. Semoga menjadi contoh bagi produsen-produsen lainnya di Indonesia.

kan di bungkusnya ada ingredients yang kodenya E270, E330, E129, walaupun udah menyantumkan label halal MUI. Setelah saya cari lagi, ternyata E270 itu katanya termasuk yang mengandung lemak babi. Ada yang bisa klarifikasi?

untuk E270 kasusnya sama dengan es krim magnum, dari MUI sendiripun sudah mengklarifikasi mengenai bahan tambahan ini. Berikut cuplikan yang saya dapatkan dari milis Halal-Baik-Enak.

http://groups.yahoo.com/group/Halal-Baik-Enak/message/12734

macam mana kamu boleh katakan halal? sedangkan memang gelatin itu memang asalnya dari babi. tidak mungkin dia akan menggunakan sapi. dan tiada tanda halal yang sah sebenarnya di paket yupi. Tolong jauhi syubhah!

terima kasih atas komentarnya,
tidak semua gelatin berbahan dasar babi, saat ini gelatin sudah dibuat dari bahan sapi dan ikan. memang salah satu alasan banyaknya gelatin babi dipakai adalah harganya yang relatif lebih murah ketimbang gelatin sapi atau ikan (http://en.wikipedia.org/wiki/Gelatin#Religion_and_gelatin_substitutes)

jadi gelatin memang ada yang halal dan ada juga yang tidak halal. sekarang tergantung kepada konsumen pengguna gelatin apakah mau menggunakan gelatin yang sudah halal atau yang tidak halal (http://kaahil.wordpress.com/2009/02/03/gelatin-halal-dan-gelatin-haram)

mengenai belum adanya logo halal pada kemasan permen yupi hal itu merupakan kendala teknis saja dari produsen permen yupi. saya sendiri sudah melihat di minimarket dekat rumah kalau sekarang kemasan permen yupi sudah tertera logo halal MUI.

Post a Comment