Permen Yupi Halal


Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi melalu milis Halal-Baik-Enak@yahoogroups.com bahwa permen Yupi telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Bukan cerita baru kalau status halal permen Yupi menjadi polemik. Salah satu penyebab sulitnya produsen Yupi mendapatkan sertifikat halal MUI adalah gelatin sapi yang digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan permennya.


Tapi kemudian setelah MUI melalui keputusannya pada 2 Februari 2012, akhirnya permen Yupi resmi dinyatakan halal dan aman dikonsumsi oleh umat muslim di Indonesia. Berikut saya lampirkan surat keputusan halal MUI.


Namun meskipun saat ini permen yupi telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, saya menyarankan agar anak-anak tidak harus selalu diberikan permen ini. Masih lebih baik jika anak-anak diberikan cemilan yang lebih sehat. Untuk diketahui juga bahwa kandungan pewarna dan bahan-bahan lainnya yang digunakan pada berbagai macam permen, seperti tartrazine, ternyata memiliki dampak yang kurang baik untuk anak-anak.