Tahu Tek Fatmawati


Salah satu makanan favorit saya, Tahu Tek Fatmawati. Sekilas makanan ini mirip dengan ketoprak, perbedaannya terletak pada bumbu kacangnya dimana pada tahu tek menggunakan petis sebagai tambahan bumbu kacangnya. Kenapa petis, karena memang makanan ini khas jawa timur, sudah pasti lekat dengan petisnya.


Ada satu tempat yang menjadi favorit saya menikmati tahu tek ini, yakni di depan rumah sakit Fatmawati Jakarta Selatan, atau lebih tepatnya di halaman kantor pos Fatmawati. Hanya buka setiap malam saja, karena kalau siang hari menjadi tempat parkir kantor pos. Harganya cukup murah tidak lebih dari Rp10.000. Kalau lagi penuh, kita bisa mengantri untuk mencicipi makanan yang satu ini.


Selain tahu tek, ada makanan khas jawa timur lainnya yang tersedia disini seperti tahu campur, gado-gado, rujak petis, dan pecel. Tapi yang paling laris dan sering dipesan orang adalah tahu tek telornya dan tahu campurnya. Kalau saya sendiri kurang begitu menyukai tahu campurnya, saya lebih memilih tahu tek telornya. Ciri khas lainnya dari tahu tek ini adalah cara pengolahannya dimana sang juru masak biasanya akan memukulkan wajan untuk menggoreng tahu telornya sehingga menimbulkan bunyi tek tek tek. Mungkin dari sinilah asal nama tahu tek itu :)

Kadangkala sewaktu saya pulang kantor melewati fatmawati, saya menyempatkan mampir kesini membeli tahu tek untuk dibawa pulang. Terkadang pula saya dan teman saya mampir kesini dan bisa mengobrol sampai lama sambil menikmati tahu tek dan kerupuknya. Teman saya inilah yang pertama kali mengenalkan saya dengan tahu tek, karena kebetulan rumahnya di dapur susu Fatmawati. Tapi sekarang sudah pindah, meskipun begitu kalau lagi kumpul atau bosan main di Citos, biasanya tahu tek fatmawati jadi pilihan saya dan teman saya menghabiskan waktu malam.