Join The Community

Search

Ujian dan Cobaan Hidup

Dari : Suardika Putra


Ketika Allah menurunkan ujian, bencana, dan hal-hal yang menyedihkan lainnya, ada sesuatu yang ingin diwujudkan oleh-Nya, yakni agar manusia merunduk sujud seraya merendahkan hatinya di hadapan-Nya:



وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا إِلَى أُمَمٍ مِنْ قَبْلِكَ فَأَخَذْنَاهُمْ بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ (٤٢)فَلَوْلا إِذْ جَاءَهُمْ بَأْسُنَا تَضَرَّعُوا وَلَكِنْ قَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat yang sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka bermohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri. Maka mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri ketika datang siksaan Kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras dan setan pun menampakkan kepada mereka kebagusan apa yang selalu mereka kerjakan.” (Q.S. Al-An’aam [6]: 42-43)


Semakin berat tantangan, semakin hebat ujian, dan semakin besar risiko perjuangan hidup, maka seorang muslim seharusnya semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas ta’abbud (penghambaan) kepada Allah. Segala perbuatan, ucapan, bahkan desiran-desiran hati harus dikontrol dan dikendalikan dalam rangka ta’abbud kepada-Nya. Ini artinya, setiap muslim harus memastikan segala aspek dan sisi kehidupannya serta langkah-langkah perjuangannya sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan sunah Rasulullah Saw. Inilah yang ditegaskan oleh Allah Swt. dengan firman-Nya:


حَتَّى إِذَا فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَابًا ذَا عَذَابٍ شَدِيدٍ إِذَا هُمْ فِيهِ مُبْلِسُونَ


“Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu, dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.” (Q.S. Al-Haajj [22]: 77) 


Ayat ini mempersyaratkan rukuk, sujud, ibadah kepada Allah, dan melakukan kebajikan bila seseorang ingin sukses (mendapat kemenangan) dalam hidupnya. Sukses di sini bisa mencakup segala bentuk sukses, termasuk sukses saat menghadapi segala macam ujian dan kepahitan hidup.

0 comments:

Post a Comment